Kamis, 03 September 2009

"MEMAHAMI ARTI SEBUAH PERSAHABATAN"
By:Robyzalfa.

Benang itu sangat tipis dan mudah putus,kesensitifan benang amatlah tergantung pada kualitas benang itu sendiri.dengan kualitas benang yang bagus, anyaman-anyaman benang pada sebuah barang yang telah rusak seperti baju,sepatu,celana dan lainnya dapat bertahan untuk selamanya.sebaliknya kualitas benang yang rendah dapat menyebabkan kerapuhan pada barang yang kita pakai.dan kalau barang sudah rusak tentunya akan menjadi sesuatu yang usang dan di biarkan hilang dari kita.begitulah persahabatan,jika persahabatan yang kita bina hanya untuk kepentingan diri sendiri tanpa mau mengerti satu sama lain,maka ia akan menjadi sesuatu yang rapuh dan akan lenyap seiring dengan berjalannya waktu.namun jika persahabatan yang kita bina di dasari dari lubuk hati kita yang paling dalam dan saling mengerti satu sama lainnya,maka ia akan berlangsung selamanya hingga di bawa mati.itulah makna persahabatan,di saat yang satu sedang dalam kegembiraan yang lainnyapun ikut merasakan senang,disaat yang satu merasakan kesulitan,yang lainnyapun ikut merasa sedih dan membantu dengan apapun selagi mampu.

Aku teringat akan seorang temanku si amin yang bekerja sebagai karyawan biasa di salah satu perusahaan di arab saudi.sudah hampir lima tahun lebih ia bekerja di perusahaan itu namun hasil yang di dapat belumlah menjadikannya seorang yang boleh di katakan sukses.seorang sahabatnya yang juga bekerja di perusahaan itu berkata padanya:" min'dari pada kita kerja di sini tapi hasilnya ga banyak mending juga luh ikut gw,!"si amin bertanya"emangnya luh mau pindah kerja di mana don?'dono nama orang yang mengajak si amin itupun menjawab:'gw mau pindah kerja di Amerika,luh mau ikut ga?'tanya si dono pada si amin."ga ah, gw mau pulang aja karna gw merasa dah cukup kerja di luar negeri dan ga akan kembali lagi.jawab si amin dengan penuh keyakinan."si donopun bertanya lagi,apa yang menyebabkan luh mau pulang min?padahal kan luh belom punya apa-apa."emang gw belom punya apa-apa,tapi gw punya anak yang sehat dan pinter dan itu adalah suatu anugerah bagi gw yang paling indah dalam hidup ini serta istri yang ga pernah menuntut apa-apa dari gw selain kebersamaan."jawab si amin dengan perasaan bahagia dengan keluarganya di tanah air.namun si dono terus mendesak agar amin mau ikut bersamanya kerja di Amerika dengan dalih persahabatan."min kenapa gw terus-terusan ngajak luh ikut gw?apa ada untungnya buat gw?semua gw lakukan karna luh sahabat gw.'gw seneng kalo luh juga seneng.semua biaya gw pinjemin dan sisanya bisa potong gaji."si amin yang juga manusia biasa sempat tergoda dengan tawaran yang menggiurkan itu.tanpa uang sepeserpun gw bisa kerja di Amerika dengan gaji yang lumayan besar,kalo dalem 2 tahun gw bisa kaya nih."gumam si amin dalam hatinya."namun bukan si amin namanya kalo dia tergoda dengan sesuatu yang bukan di kehendakinya dan dari dalam lubuk hatinya sendiri.ia pun segera sadar betapa keluarganya sangat merindukannya dan berpikir bahwa kebahagiaan tidaklah bisa di beli walau dengan uang dengan jumlah triliunan sekalipun dan merasa ia adalah manusia yang paling kuat dalam mempertahankan sebuah prinsip."inilah jalanku,tak ada yang mampu merubah jalan hidupku selain kehendakNya dan diriku sendiri.aku adalah aku,seorang pemuja prinsip kehidupan."bisik si amin dalam hatinya.'

Langkah si amin ternyata sangatlah tepat,bahwa apa yang dia firasatkan selama ini benar adanya.karna memang si amin telah banyak makan asam garam dalam dunia perkadalan dan ia sendiripun bekas seorang kadal yang sedikit licik pada masa lalunya yang sekarang berusaha untuk menjadi orang baik.si dono yang telah bersusah payah untuk mengajaknya kerja di Amerika ternyata bukanlah dilatar belakangi oleh jiwa dan ketulusan hatinya.namun ia mengajak si amin kerja di negeri adidaya itu hanya karna menginginkan sebuah bonus ataupan tambahan uang dari si agen untuk bisa lebih mudah dalam perihal biaya keberangkatannya.namun bukan si amin namanya kalo dia bukan seorang pemaaf.ia jadikan masalah itu seperti debu yang beterbangan di terpa angin,hilang dari ingatannya.kini si amin menjadi orang yang paling bahagia di dunia ini karena ia telah mengundurkan diri dari perusahaannya bekerja dan tengah menunggu kepulangannya ke tanah air tercinta.kisah si amin dapat kita jadikan sebuah pelajaran yang sangat berharga.kita akan mengetahui siapa sahabat kita yang sesungguhnya dan siapa musuh kita yang sebenarnya.atau ingin menjadikan kita sahabat dengan pamrih dan untuk kepentingan dirinya sendiri.
Begitu banyak kejadian-kejadian akan retaknya hubungan dari sebuah persahabatan.nafsu pribadi dan keserakahan tanpa memikirkan sahabat kadang menjadi penyebab rangkaian perselisihan diantara sesama sahabat.mengambil pacar teman sendiri,menghina teman di depan umum,mengambil sesuatu dari teman tanpa terlebih dahulu izin,menuduh teman tanpa alasan yang benar,dan masih banyak lagi penyebab-penyebab lainnya hanya karna masalah sepele yang menimbulkan pertentangan yang berlebihan sampai terkadang kita mengucapkan kalimat yang tidak lazim untuk di ucapkan "dia adalah bekas temanku".semua itu bisa terjadi karna benang yang kita punya adalah benang yang kualitasnya rendah dan bukan benang yang kualitasnya baik.hanya benang yang berkualitas baiklah yang akan menyatukan kembali barang-barang yang telah rusak untuk di pakai kembali selamanya dan akan terkenang sepanjang hidup kita.wahai sobat,semoga kita menjadi salah satu sahabat yang akan selalu di kenang oleh sahabat kita sendiri sampai ajal menjemput kita.....wassalam.



0 komentar:

Posting Komentar